cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 2021" : 8 Documents clear
Analisis Trends Topik Penelitian Mahasiswa Fakultas MIPA UGM Periode 2016-2018 Wiyarsih Wiyarsih
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art1

Abstract

Fakultas MIPA UGM sampai tahun 2018 mempunyai empat departemen dan terdiri dari tujuh belas program studi. Sesuai dengan program studi (prodi) yang ada, maka bidang-bidang ilmu di Fakultas MIPA UGM terdiri dari bidang ilmu matematika, fisika, kimia, komputer, dan elektronika dan instrumentasi. Fakultas MIPA UGM berperan penting dalam mengembangkan ilmu di bidang MIPA sesuai dengan visi, misi dan tujuan FMIPA UGM. Oleh karena itu setiap mahasiswa dengan bimbingan dosennya diharapkan dapat menemukan temuan-temuan baru dalam bidang ilmunya melalui hasil penelitian sehingga dapat mengembangkan ilmu tersebut. Tujuan kajian ini adalah membuat visualisasi grafik trends topik penelitian dan menganalisis trends topik penelitian mahasiswa Fakultas MIPA UGM periode tahun 2016-2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tempatnya di Perpustakaan Fakultas MIPA UGM. Populasinya adalah semua koleksi skripsi, tesis, dan disertasi Perpustakaan Fakultas MIPA tahun 2016-2018. Populasi ini sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 3.111 judul hasil penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft PowerBI. Berdasarkan hasil pengolahan data kemudian dilakukan analisis deskriptif. Berdasarkan lima kategori yaitu jenis koleksi, jenjang studi, departemen, program studi, dan tahun terbit, jumlah topik yang paling banyak diteliti atau yang paling trends adalah topik adsopsi dari bidang ilmu kimia.  Trend topik berdasarkan kategori pembimbing yang terbanyak adalah topik tentang katalisis (bidang ilmu kimia), kimia komputasi (bidang ilmu kimia), dan komputerisasi proses kontrol (bidang ilmu elektronika dan instrumentasi). Jumlah topik pada ilmu-ilmu terapan lebih banyak dari pada ilmu-ilmu murni. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu-ilmu terapan lebih cepat berkembang dari pada ilmu-ilmu mu
Kajian Preservasi Di Indonesia Testiani Makmur; Depi Suadi; Dafrizal Samsudin
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art6

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menelusuri tentang kajian preservasi di Indonesia terutama pada jurnal sains informasi dan kepustakaan yang terakreditasi sinta. Metodologi berbasis literature terutama ditelusuri pada masing-masing website yang berjudul preservasi atau pelestarian. Implikasinya antara lain (1) diketahui jumlah artikel tentang preservasi yang diterbitkan di jurnal sains informasi dan kepustakaan yang terakreditasi sinta, (2) sejak kapan tahun kajian preservasi terindeksi oleh jurnal sains informasi dan kepustakaan terakreditasi sinta, (3) bagaimana trend topik kajian preservasi di jurnal sains informasi dan kepustakaan terakreditasi sinta, dan (4) dari seluruh jurnal sains informasi dan kepustakaan yang terakreditasi sinta apakah keseluruhannya mempublishkan tema berkaitan preservasi.
Perkembangan Katalog Di Perpustakaan Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang Rhoni Rodin; Kana Kurnia
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan katalog yang ada di perpustakaan pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, dalam pencarian informasi di Perpustakaan. Penelitian ini berlokasi di Perpustakaan pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara.n dengan melakukan wawancara langsung kepada pemustaka yang ada di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan katalog yang ada di perpustakaan pasacasarjana sejak awal didirikan nya perpustakaan tersebut hingga sekarang. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui perkembangan katalog yang ada di perpustakaan tersebut dimana katalog itu sudah digunakan bersamaan dengan di bangunnya perpustakaan pascasarjana itu sendiri tepatnya pada tahun 2003. Awal mula pada tahun 2003 perpustakaan pascasarjana ini menggunakan katalog kartu, namun kemudian  setelah beberapa tahun karena katalog ini dianggap kurang efektif maka pustakawan disana mengajukan proposal untuk mengganti katalog kartu/ katalog manual ini menjadi katalog online atau yang lebih dikenal dengan sebutan OPAC, tepatnya pada tahun 2013 OPAC mulai digunakan di perpustakaan Pascasarjana Uin Raden Fatah Palembang. Dan penggunan katalog online/OPAC ini masih digunakan hingga saat ini, karena OPAC mempunyai banyak kelebihan diantaranya mempermudah temu kembali informasi, tidak memerlukan banyak ruangan, mengehemat waktu ketika menulusuri informasi.
Upaya Guru Meningkatkan Budaya Literasi Minat Baca “Open Reading Garden” Siswa Kelas IVA Di Sekolah Adiwiyata SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang Stevani Silvia Sulistianing Wiranti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art7

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan hal yang dilakukan guru dalam peningkatkan budaya literasi minat baca open reading garden siswa kelas IVA SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang. Peneliti menggunakan sistem penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti guru kelas IVA dan siswa kelas IVA berjumlah 32 di SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang. Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil ini guru diharapkan mampu untuk : (1) Memotifasi siswa untuk ikut dalam kegiatan mendongeng, (2) Menyarankan untuk memebeli buku sesuai dengan minat, (3) Meluangkan waktu untuk membaca 15 menit sebelum pembelajaran, dengan memberikan motifasi diharapkan siswa lebih termotifasi untuk lebih giat meningkatkan budaya literasi minat baca. Salah satu cara yang dapat guru lakukan dengan meminta untuk berkunjung ke Perpustaaan Gita Pustaka atau ke tempat Open Reading Garden SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang untuk meminjam buku yang menjadi minat baca mereka. Minat baca mereka dapat dilihat dari kunjungan mereka ke Perpustakaan Gita Pustaka pada jam pulang sekolah. 
Evaluasi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di SDN Tegalrejo Magelang Jawa Tengah Ery Susilorini
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art4

Abstract

Kualitas layanan perpustakaan perpustakaan adalah kemampuan perpustakaan dalam mengelola perpustaakaan sehingga berdampak kepada peningkatan pengguna perpustakaan.Untuk meningkatkan agar siswa rajin dan menggunakan perpustakaan dengan baik maka tingkat pelayan perlu ditingkatkan.yaitu dengan menambah bahan koleksi dan mendesain tata ruang perpustakaan dengan baik, serta melalui promosi perpustakaan melalui brosur-brosur, sehingga terciptanys siswa gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja perpustakaan serta mengukur kepuasan pengguna perpustakaan di SDN Tegalrejo. Hasil riset membuktikan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Perpustakaan SDN Tegalrejo sudah  cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari grafik pengunjung dan peminjam mengalami peningkatan. Tersedianya cukup buku untuk dibaca, hal ini bisa dilihat dari koleksi buku di SDN Tegalrejo sudah mencapai 13.000 eksemplar. Dan pihak sekolah juga sudah menganggarkan dari dana BOS sebesar 25 % tiap tahunnya.Adanya hambatan bagi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan siswa di SDN Tegalrejo yang disebabkan oleh adanya kesibukan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar, kurangnya waktu yang dimiliki siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan kurangnya koleksi.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pustakawan lebih banyak belajar yang berkaitan dengan cara mengelola perpustakaan dengan baik.
Pengaruh Religiusitas Dan Kompetensi Terhadap Kematangan Karier Pustakawan Sungadi Sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art3

Abstract

Adanya pemahaman keagamaan (religiusitas) yang cukup dan kompetensi memadai bagi pustakawan dimungkinkan memiliki peran penting terhadap pegembangan dan pembinaan karier pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kepemimpinan profetik dan kompetensi terhadap kematangan karier pustakawan. Riset dilakukan pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Daerah Istimewa Yogyajarta (DIY) dengan mengambil seluruh populasi (78 orang) pustakawan sebagai responden penelitian. Metode penelitian bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer dan skunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden dan data skunder diperoleh dari dokumen yang ada di PTKI DIY. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regeresi berganda. Hasil riset menunjukkan bahwa persepsi Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY terhadap variabel religiusitas (X1) pada posisi sangat tinggi/sangat baik, variabel kompetensi (X2) pada kondisi sangat tinggi/sangat baik dan kematangan karier (Y) oleh responden dipersepsikan dalam kategori tinggi/baik. Dari hasil analisis data regresi berganda membuktikan bahwa persepsi pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY memberikan persepsi, secara parsial religiusitas (X1) berpengaruh positif terhadap kematangan karier (Y) terdapat nilai pengaruh sebesar 0,292 dengan signifikansi 0,009 < 0,05, artinya menerima hipotesis, kompetensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kematangan karier (Y) terdapat nilai pengaruh sebesar 0,745 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, artinya hipotesis diterima. Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di DIY memberikan persepsi, bahwa Religiusitas (X1) dan Kompetensi (X2) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kematangan Karier (Y), didapat angka F statistika senilai 46,765 dengan tingkat substansial 0.000 < 0,05. Artinya menerima hipotesis. Secara umum, dalam penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa secara teoritik religiusitas dan kompetensi secara individu maupun bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kematangan karier Pustakawan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Sementara secara aplikatif faktor-faktor yang mempengaruhi kematangan karier Pustakawan PTKI di DIY terdiri dari faktor: memiliki aqidah yang kuat, memiliki skill dan interest yang tinggi, dan akses karier berkelanjutan.
Analisis Arsip Kerjasama Stikes Muhammadiyah Gombong Dengan Perguruan Tinggi Di Luar Negeri Desy Setiyawati; Sri Rohyanti Zulaikha
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art2

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama antara STIKES Muhammadiyah Gombong dengan perguruan tinggi di luar negeri dari khazanah arsip dan manfaat arsip dalam kegiatan tersebut. STIKES Muhammadiyah Gombong, sebagai salah satu perguruan tinggi dituntut untuk bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing dan berkompetisi di era global. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif yaitu melakukan analisa dari berbagai literatur, dokumen, perundang-undangan, peraturan menteri serta beberapa sumber sekunder lainnya. Dari hasil analisis diketahui bahwa arsip sangat berperan dalam pelaksanaan kerjasama di STIKES Muhammadiyah Gombong. Sudah banyak kerjasama dan kegiatan yang dilakukan antara STIKES Muhammadiyah Gombong dengan perguruan tinggi di luar negeri. Hal tersebut penulis peroleh melalui arsip yang ada di STIKES Muhammadiyah Gombong. Dengan arsip tersebut bisa diketahui perkembangan kerjasama yang telah dilakukan dan bisa dijadikan sebagai alat ukur bagi pelaksanaan kerjasama selanjutnya.
Menciptakan Pustakawan Unggul Melalui Kegiatan Menulis Karya Ilmiah Di UPT Perpustakaan Universitas Jember Khusnun Nadhifah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 12 No. 1 2021
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol12.iss1.art5

Abstract

SDM unggul dapat diwujudkan melalui pustakawan yang berkompeten yaitu pustakawan dengan memiliki pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta melakukan pengembangan profesi berupa penulisan karya tulis ilmiah. Data menunjukkan bahwa keterlibatan pustakawan di Universitas Jember (UNEJ) antara 6,67% -  26,67% yang  berkonstribusi pada penulisan karya ilmiah. Hal ini diperlukan motivasi dan solusi pustakawan UNEJ untuk meningkatkan jumlah karya tulis ilmiah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Perpustakaan UNEJ memberikan motivasi dan solusi pada pustakawan untuk menghasilkan dan meningkatkan jumlah karya tulis ilmiah. Tujuan penelitian yaitu menganalisis upaya Perpustakaan UNEJ dalam memberikan  motivasi dan solusi pada pustakawan untuk menghasilkan dan meningkatkan jumlah karya tulis ilmiah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif (studi kasus). Penelitian dilakukan pada Januari – Juli 2020. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Subyek penelitian 15 pustakawan dengan teknik pengumpulan  data berupa observasi dan wawancara pada 7 responden berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan, hambatan penulisan karya ilmiah adalah pustakawan tidak percaya diri, terbelenggu kegiatan rutinitas, minim penguasaan kepenulisan dan rasa malas untuk menulis karya ilmiah. Motivasi dan solusinya adalah memberikan statemen pada pustakawan bahwa menulis bukanlah sebuah bakat, tetapi menulis adalah sebuah proses dari membaca dan latihan menulis, menulis bukan beban berat tetapi mencatat apa yang dikerjakan, meningkatkan kepercayaan diri pada pustakawan, menyempatkan waktu untuk menulis di sela-sela kesibukan rutinitasnya. meningkatkan kompetensi pustakawan bidang kepenuliasan, meningkatkan minat baca pustakawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8